Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10


Cara Sharing Printer Windows 10

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan Windows 10 memang harus kamu ketahui. Namun sebelum itu, kamu wajib mengetahui pengertian dari Sharing Printer.

Apa itu sharing printer? merupakan cara menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer dalam satu jaringan. Salah satu kelebihan sharing printer adalah kamu tidak harus menyediakan satu printer untuk masing-masing komputer. Kamu hanya perlu menggunakan satu printer tersebut untuk mencetak dokumen sehingga mampu menghemat biaya pengeluaran.

Terdapat dua cara sharing printer yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa sharing printer dari jaringan LAN maupun WiFi. Yang harus kamu pastikan adalah setiap komputer tersebut harus sudah terhubung ke jaringan dengan printer yang kamu gunakan.

Cara Sharing Printer di Windows 7

Untuk membuat printer dapat terhubung pada masing-masing komputer, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Selengkapnya, silakan kamu simak informasi berikut ini.

1. Langkah pertama, buka Control Panel. Untuk membuka Control Panel sangat mudah. Salah satunya dengan cara menekan Windows + R. Lalu ketikkan Control Panel. Setelah itu tekan Enter.

Cara Sharing Printer di Windows 7

2. Selanjutnya untuk Sharing Printer di Windows 7, jika sudah masuk ke tampilan Control Panel, sekarang kamu harus mengaktifkan fitur File and Printer Sharing. Caranya, pilih Network and Internet pada menu Control Panel. Letaknya berada terdapat pada bawah menu System and Security.

3. Jika jendela Network and Internet sudah terbuka, langkah ketika yaitu dengan memilih Network and Sharing Center. Posisinya berada di atas sendiri.

4. Cara sharing printer di Windows 7, 8, dan Windows 10 yang keempat yaitu pilih Change Advanced Sharing Settings. Letaknya ada pada sebelah kiri layar, tepat bawah tulisan Change Adapter Settings

5. Agar kamu bisa sharing printer maupun file, maka kamu harus memilih Turn on network discory dan juga Turn on file and printer sharing. Jika kamu sudah mengaktifkannya, maka pengguna lain sudah bisa mengakses printer maupun file yang kamu bagikan

6. Untuk langkah keenam ini dapat mungkin saja opsional. Namun kami menyarankan kamu tetap melakukannya. Jadi, ketika komputermu melakukan sharing printer, maka komputermu akan terdapat password login.

Siapapun yang ingin mengakses printer tersebut, perngguna harus memasukkan password login. Jika tidak, maka pengguna tidak bisa mengaksesnya. Untuk itu sebaiknya kamu menonaktifkan fitur ini. Caranya dengan mengklik All Networks.

Selengkapnya Cara Sharing Printer di Windows 10

7. Berikutnya untuk cara sharing printer di windows 7, 8, dan windows 10. Scroll ke bawah dan pilih Turn off password protected sharing. Ketika kamu sudah menonaktifkan fitur ini, maka komputer yang ingin mengakes printer tidak perlu lagi memasukkan password login. Kamu bisa langsung memanfaatkan printer tersebut untuk mencetak dokumen. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan dengan mengklik Save changes

8. Kamu sudah bisa berbagi printer dengan komputer mana saja yang terhubung ke jaringan. selanjutnya, kamu masuk ke Control Panel lagi dan pilih Hardware and Sound. Kamudian kamu pilih View Devices and Printers

9. Setelah masuk ke tampilan Devices and Printers, sekarang kamu harus mengklik kanan dan pilih mana printer yang akan kamu sharing. Jika sudah, kamu pilih Printer properties

10. Selanjutnya, masuk ke tab Sharing dan centang Share this printer. Kamu bisa memberi nama pada printer tersebut meskipun ini hanya bersifat opsional. Jika sudah, klik OK


Itulah informasi yang bisa kami berikan terkait bagaimana cara sharing printer dengan mudah. Kamu bisa menerapkannya pada sistem operasi Windows 7, 8, dan juga Windows 10. Sekarang kamu bisa berbagi printer antar komputer yang berada dalam satu jaringan. Semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Novice

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar