Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Dengan Mudah

Ingin Masuk Safe Mode Windows 10? Ikuti Langkah Berikut Untuk Dapat Melakukannya!


Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Bagaimana cara masuk safe mode Windows 10? Safe mode merupakan salah satu fitur yang ada pada sistem operasi Windows yang dipakai untuk melakukan troubleshooting ketika mengalami masalah. Mode ini hanya akan akan memuat beberapa driver dan juga aplikasi yang penting. Jadi, berbagai macam pengaturan atau konfigurasi aplikasi yang salah tidak akan berjalan sehingga kita bisa memperbaikinya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa masuk ke safe mode. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan beberapa cara yang akan membantumu masuk ke safe mode dengan mudah pada sistem operasi Windows 10.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Melalui System Configuration

Cara masuk safe mode Windows 10 yang pertama adalah dari system configuration. Kamu hanya perlu mengklik msconfig maupun system configuration pada Windows Search. Setelah itu tekan enter. Jika berhasil, kamu akan langsung masuk ke jendela baru. Kemudian kamu klik tab Boot dan kamu ceklis pilihan Safe Boot yang posisinya berada di bawah.

Kamu akan melihat 4 jenis metode safe boot. Keempat jenis metode safe boot tersebut antara lain:

  • Minimal: Metode ini nantinya hanya akan menjalankan service dan driver yang penting saja dan tetap menampilkan Windows standar.
  • Alternate Shell: Jika kamu memilih metode ini, sofe mode akan dijalankan melalui Command prompt tanpa memerlukan Windows GUI. Perlu kamu ketahui bahwa sebelum memilih metode ini, kamu harus tahu bagaimana cara menjalankan Windows tanpa menggunakan mouse.
  • Active Directory Repair: Metode yang memberikan akses menuju komponen komputer. Sebuah fitur yang sangat pas kamu pilih ketika mengalami masalah melakukan instalasi hardware baru.
  • Network: Metode ini akan menjalankan safe mode menggunakan tambahan service dan driver untuk mengakses jaringan dan juga menggunakan tampilan dari Windows GUI standar.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Dengan Menekan F8

Description: safe mode windows 10 tombol f8

Untuk cara masuk safe mode yang satu ini merupakan cara yang paling mudah dan paling umum. Kamu hanya perlu menekan tombol F8 beberapa kali ketika PC maupun laptop yang kamu gunakan berada dalam proses booting. Akan tetapi, pada Windows 10 ternyata cara ini tidak ada. Alasannya adalah untuk mempercepat proses booting. 

Meskipun begitu bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Terdapat trik khusus yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa masuk ke safe mode dengan menakan F8. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke CMD dan ketikkan bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy
  • Kemudian tekan enter dan restart komputermu. Sekarang kamu bisa masuk ke safe mode hanya dengan menekan F8
  • Untuk menonaktifkan cara ini, masuk lagii ke CMD dan ketikkan bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard. Lalu tekan enter dan jangan lupa merestart komputer

Cara Masuk ke Safe Mode Melalui Advanced Startup

Cara masuk ke safe mode windows 10 yang ketiga yaitu dengan melalui Advanced Startup yang akan kami jelaskan berikut.

  • Langkah pertama, klik Start dan pilih Settings
  • Langkah kedua, kamu harus memilih Update & Security. Selanjutnya pilih Recovery
  • Pada bagian Advanced Setting, klik Restart Now
  • Setelah kamu melakukan cara tersebut, maka komputermu akan masuk ke safe mode. Tedapat tiga pilihan yaitu Troubleshoot, Continue, dan juga Turn off your PC. Kamu harus memilih Troubleshoot – Advanced Options sampai nanti terdapat beberapa pilihan.
  • Langkah selanjutnya, kamu pilih Startup Settings

Itulah cara Mask Safe Mode Windows 10 dengan mudah, bila ada yang perlu kamu tanyakan bisa tulis pada kolom komentar. Ikuti terus Dialog Tekno untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Novice

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar