Cara Membuat Mind Map di Microsoft Word

Mind Mapping Mempermudah Orang Lain Untuk Memahami Konsep Yang Rumit!


Membuat Mind Mapping Di Microsoft Word

Cara membuat mind mapping di Microsoft Word tidaklah sulit. Kita tahu bahwa mind mapping berguna ketika kita ingin memetakan sebuah konsep. Visualisasi yang hadir dalam mind mapping akan mempermudah orang lain untuk memahami konsep yang rumit. Menggunakan metode mind mapping dalam menjelaskan suatu konsep memang lebih efektif daripada kita menjelaskan yang kita maksud melalui tulisan yang terlalu panjang.

Untuk Membuat Mind Mapping pada Microsoft Word, kamu bisa memanfaatkan Microsoft Word. Dengan kata lain, kamu tidak perlu lagi harus menginstal aplikasi mind mapping yang terkadang cara menggunakannya pun cukup rumit. Sementara ketika menggunakan Ms. Word, kamu yang pertama kali membuat mind mapping pun tidak akan mengalami kesulitan.

Cara Membuat Mind Map Di Word Dengan Mudah

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat mind mapping di Microsoft Word:

Buka Microsoft Word

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word. Kamu bebas mau menggunakan Ms. Word, 2007, 2010, 2013, 2016, dan seterusnya. Setelah kamu selesai membuka aplikasi ini, jangan lupa untuk mengubah orientasi halannya yang semula Potrait menjadi Landscape.

Buat Shape

Jika sudah mengubah orientasi halaman menjadi landscape, maka sekarang kamu harus membuka Shape. Kami menyarankan kamu letakkan shape pada bagian tengah dokumen agar mempermudahmu ketika hendak mengembangkan konsep yang kamu buat. Untuk membuat shape, kamu masuk ke menu Insert – Shape – lalu tentukan mana shape yang akan kamu masukkan. Adapun cara memasukkan teks dalam shape adalah dengan mengklik kanan pada shape tersebut, lalu pilih Add Text.

Letakkan Ide-idemu dan Koneksikan Dengan Garis

Selanjutnya untuk membuat mind mapping di microsoft word. Kamu hanya perlu menentukan kira-kira ide apa saja yang akan kamu tuangkan dalam dokumen tersebut. Untuk menghubungkan antara poin atau penjelasan satu deengan penjelasan lainnya, gunakan garis. Jangan lupa untuk memberi jarak pada setiap shape agar nanti bisa memberikann ruang yang cukup ketika kamu memiliki ide lain.

Tambahkan Clip atau Ikon Agar Mind Mapping Lebih Menarik

Kamu juga bisa memasukkan ide kreatifmu dengan cara menambahkan clip atau ikon. Untuk menambahkannya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu masuk ke menu Insert – Icon. Kemudian kamu tinggal memilih kira-kira mana ikon yang akan kamu masukkan yang sesuai dengan keinginanmu.

Teruskan Ide Pendukung Pada Sekeliling Ide Utama

Jika kamu sudah memahami keempat cara tersebut, maka cara kelima ini kamu hanya perlu memaskkan apa saja ide pendukung dari konsep yang kamu miliki. Kamu bisa meletakkan berbagai ide pendukung dekat ide utama, kemudian kamu hubungkan dengan garis. Kamu juga bisa memasukkan gambar untuk membuat tampilannya menjadi lebih menarik.

Rapikan Mind Mapping

Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang terakhir adalah kamu tinggal merapikan mind mappingmu. Hal ini bisa kamu lakukan ketika semua ide pendukung sudah kamu tuangkan dalam dokumen. Merapikan mind mapping juga bertujuan untuk membuat tampilan mind mapping lebih bagus dan menarik orang yang melihatnya.


Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang langkah-langkah membuat mind map di Word. Untuk membuat sebuah mind mapping yang bagus memang bukan hanya perlu kemampuan untuk memasukkan idemu. Kamu juga perlu memiliki kreativitas sehingga mind mapping yang kamu buat mampu menarik orang untuk memperhatikannya.


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Novice

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar