10 Makanan Tupai Dan Manfaatnya Untuk Tupai

Baru Memelihara Tupai? Berikut Makanan Serta Minuman Tupai Yang Baik Dan Sehat!


Makanan Tupai

Sebelum memutuskan untuk memelihara Tupai, ada baiknya kamu mengetahui Makanan Tupai Terbang serta Perbedaan Tupai dan Bajing. Akhir-akhir ini memang Tupai sangat digandrungi oleh banyak orang, namun tidak sedikit dari mereka yang tidak tahu cara memelihara tupai dengan baik. Hal itu akan kami bahas pada artikel lain, sekarang terlebih dahulu kita mengetahui Makanan Tupai serta Minuman Tupai.

Sebelum jauh ke pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan Tupai dengan Bajing. Artikel ini secara khusus membahas tentang Makanan Bajing, namun karena kebanyakan orang sudah mengenalnya sebagai ‘Tupai’ maka kita akan menyebutnya seperti itu. Lalu apa sih perbedaan Tupai dan Bajing?

Perbedaan Tupai dan Bajing

Perbedaan Tupai dan Bajing sangat terlihat jelas, kedua hewan tersebut sangat berbeda meskipun banyak orang yang menganggapnya sebagai hewan yang sama. Sekilas keduanya memang mirip, namun bila diperhatikan dengan detail maka akan terlihat jelas perbedaan Tupai dan Bajing.

Umumnya Tupai memiliki moncong yang sangat panjang, moncong tersebut mencangkup bagian wajah, mulut, serta hidung. Sedangkan Bajing berbeda, mereka memiliki mulut dan hidung yang agak rata. Dalam ilmu pengetahuan sendiri, Tupai merupakan hewan yang berasal dari keluarga Tupaiidae dan Ptilocercidae dalam bahasa inggris disebut treeshrew.

Sedangkan untuk Bajing sendiri, mereka berasal dari keluarga Sciuridae yang disebut dengan squirrel. Setelah mempertimbangkan beberapa hal tersebut, kalian sudah mengetahui bahwa Tupai dan Bajing sangat berbeda malah berasal dari kerabatan yang sangat jauh.

Perbedaan Tupai dan Bajing yang paling mencolok adalah makanan Tupai dan makanan Bajing nya, Tupai memakan serangga-serangga kecil sedangkan Bajing lebih suka memakan buah-buahan.

Makanan Tupai Terbang Yang Masih Kecil

Saat kamu membeli Tupai, biasanya kamu akan mendapatkan tupai yang masih kecil. Untuk Memelihara Tupai yang masih kecil membutuhkan kesabaran serta lebih berhati-hati dalam memberikan makanan. Berikut Makanan Tupai yang masih kecil:

Susu Bayi

Ketika kamu mendapati Tupai kamu mengandung, maka kamu harus mengetahui Makananyang cocok untuk bayi tupai. Jika tupai yang matanya masih tertutup, kamu tidak perlu memberikannya makanan hanya perlu memberikannya susu bayi.

Cari susu bayi yang menganduk Laktosa agar baik untuk Bayi Tupai, biasanya susu anak kucing kebanyakan mengandung Laktosa. Namun kamu juga dapat menggunakan susu bayi manusia, terpenting susu tersebut harus mengandung Laktosa.

Bubur Bayi

Jika Bayi Tupai sudah sedikit lebih besar sekitar 1-3 bulanan, kamu bisa memberikan Bubur Bayi sebagai makanannya. Jika kamu ingin memberikan buah-buahan, kamu bisa menghaluskannya terlebih dahulu hingga mudah dimakan oleh Bayi Tupai.

Sayuran Sebagai Makanan Tupai Dewasa

Jika Tupai yang kamu miliki sudah cukup dewasa, kamu bisa langsung memberikan buah-buahan atau sayuran. Berikut daftar Makanan Tupai Dewasa yang bisa kamu berikan.

Brokoli

Selain buah-buahan, Tupai Dewasa juga menyukai sayuran salah satunya Brokoli. Sayuran tersebut sangat baik untuk tupai dewasa, karena mengandung Vitamin B6 dan Vitamin C yang dapat menambah daya tahan tubuh agar tupai tidak mudah sakit.

Untuk penyajiannya sendiri kamu tidak perlu repot-repot melakukan sesuatu, kamu hanya perlu menyajikan Brokoli mentah yang sudah terjamin kebersihannya.

Wortel

Sayuran yang bisa digunakan sebagai makanan tupai selanjutnya adalah Wortel. Perlu kamu ketahui bahwa Wortel mengandung Vitamin A, antioksidan, serta kandungan-kandungan bermanfaat lainnya yang membantu menjaga kesehatan Tupai.

Kamu bisa langsung memberikan wortel yang sudah bersih kepada Tupai, namun jangan sampai kamu memberikan Wortel bekas olahan makanan. Lebih baik memberikan Wortel mentah yang sudah kamu bersihkan.

Kubis

Bukan hanya Wortel saja, Kubis juga memiliki kandungan yang bermanfaat yaitu Vitamin C, Vitamin K, serta Vitamin B6 yang sangat baik untuk tupai dewasa. Cara penyajiannya bisa langsung dengan memberikan satu lembar daun kubus atau kamu juga bisa memotong-motongnya terlebih dahulu.

Ubi

Ubi yang memiliki tekstur keras dapat membantu menstimulasikan gigi Tupai, selain itu kandungannya yang berupa Vitamin A dan Vitamin C sangat baik untuk kesehatan Tupai dewasa. Karena Ubi sangatlah besar, kamu bisa memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu agar Tupai lebih mudah memakannya.

Makanan Tupai Terbang Berupa Buah-buahan

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa memberikan makan kesukaan Tupai Terbang berupa buah-buahan. Berikut Makanan Tupai Terbang yang bisa kamu berikan.

Pisang

Pisang merupakan makanan kesukaan Tupai terbang, karena memiliki tekstur yang empuk. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan zat besi serta kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang Tupai dewasa.

Memberikan pisang beserta kulitnya dapat membantu menjaga Tupai memertahankan naluri mencari makannya. Namun bisa kamu khawatir tupai tidak dapat makan, kamu bisa memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada tupai.

Pepaya

Pepaya memiliki tekstur yang sangat lembut, tupai bisa dengan mudah memakan pepaya. Selain itu, Pepaya kaya akan kandungan seperti lemak, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang berguna untuk kesehatan tupai. Karena ukuran pepaya yang besar, kamu bisa memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu.

Anggur

Makanan Tupai selanjutnya adalah Anggur, buah-buahan ini memiliki antioksidan yang sangat baik untuk tupia dewasa. Kamu bisa memberikan Anggur secara utuh dengan menaruhnya pada tempat makan, dengan begitu Tupai lebih mudah memakannya.

Mangga

Bukan hanya manusia saja, tupai juga sangat menyukai buah mangga. Kamu bisa mencicipi buah mangganya terlebih dahulu, bila buahnya manis kamu bisa memberikannya kepada Tupai. Lebih baik jangan memberikan buah mangga yang asam kepada Tupai.


Itulah beberapa Makanan Tupai yang bisa kamu berikan, bila kamu memiliki saran makanan lain. Kamu bisa berbagi lewat kolom komentar berikut.


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Novice

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar