Jenis Jenis Ikan Koi, Karakteristik dan Harganya


Jenis Jenis Ikan Koi

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang banyak digemari. Corak dan warna ikan koi yang beragam dan unik menjadi salah satu alasannya. Selain itu, ikan koi juga memiliki jenis yang beragam. Jenis-jenis ikan koimemiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. 

Ikan ini memang sudah populer sebagai ikan hias. Tidak hanya warnanya yang indah, ikan koi tidak jarang memiliki harga yang fantastis. Penasaran apa saja jenis-jenis ikan koiyang bisa dipilih untuk menghiasi kolam ikan Anda. Berikut ulasan terkait beberapa jenis ikan koi, karakteristik dan harganya.

Ochiba Shigure

jenis jenis ikan koi yang pertama ini memiliki karakteristik warna yang simpel dan tidak terlalu terang. Koi ini memiliki perpaduan warna putih dan orange yang terlihat pucat. Meskipun begitu, koi ini tetap terlihat cantik. 

Ikan ini akan tampak semakin cantik lagi jika Anda termasuk orang yang lebih menyukai warna-warna pucat dan tidak terlalu terang. Koi Ochiba Shigure umumnya dibanderol dengan harga 200 ribuan per ekor. Harga tersebut cukup terjangkau dan tidak menguras kantong. 

Soragoi

Jika Anda melihat koi Suragoi mungkin tidak seperti ikan koi kebanyakan. Koi suragoi tidak memiliki warna terang sebagaimana koi dianggapan banyak orang. Koi ini memiliki karakteristik warna abu-abu pekat atau hitam. Jika dilihat sekilas, mungkin tidak seperti ikan koi. 

Namun, apabila Anda bosan dengan ikan koi bercorak dan ingin memelihara jenis koi yang cukup unik maka Suragoi bisa jadi pilihan. Koi jenis ini biasanya dijual dengan harga 400 ribuan per ekor. Bagaimana? Tertarik untuk membeli koi unik ini?

Shiro Utsuri

Jenis jenis ikan koi selanjutnya ini tidak kalah unik. Shiro Utrsuri memiliki perpaduan warna yang sangat kontras, yaitu hitam pekat dan putih bersih. Perpaduan dua warna ini menjadi favorit banyak orang. Tidak heran jika Koi Shiro Utsuri banyak diminati. 

Lalu, berapa budget yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan koi Shiro Utsuri? Koi ini umunya dihargai 130 ribuan hingga 300 ribu rupiah. Cukup terjangkau bukan?

Goromo

Jenis koi selanjutnya adalah Goromo. Dibanding dengan jenis koi sebelumnya, Goromo memiliki perpaduan warna dan corak yang lebih beragam. Pada dasarnya, koi Goromo merupakan Kohaku yang mempunyai tepi hitam atau biru yang terdapat pada skala merah. 

Koi goromo sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu ai goromo, budo goromo dan sumi goromo. Ai goromo memiliki karakteristik tepian biru atau hitam yang hanya terdapat di sisik merah. Sedangkan budo goromo mempunyai tepian biru dengan efek cluster karena berada di luar skala. Sementara itu, sumi goromo mempunyai tepian berwarna hitam yang terdapat pada sisik ikan koi.

Koi goromo memiliki corak yang beragam dan indah. Untuk mendapatkan koi jenis ini, Anda harus merogoh kocek paling rendah sekitar 1,8 jutaan.

Hikarimono

Hikarimono atau hikarimoyomono termasuk salah satu dari jenis-jenis ikan koiyang memiliki corak unik. Warna dasar dari koi Hikarimono adalah putih pucat. Terdapat corak hitam blur di punggung koi ini, sehingga tulang punggungnya seperti tergambar. 

Walaupun memiliki warna putih pucat, koi jenis ini tetap menarik perhatian. Tidak jarang koi jenis ini juga memiliki corak campuran berwarna kuning. Sayangnya, ikan koi ini agak sulit ditemukan, sehingga harganya cukup mahal, yaitu sekitar 700 ribuan per ekornya. 

Goshiki

Koi jenis ini memiliki warna yang indah dan elegan. Koi goshiki memiliki warna dasar abu-abu dengan topi merah di atasnya. Goshiki hampir sama dengan sanke, hanya saja warna dasarnya berbeda. 

Goshiki memiliki punggung dengan garis pendek berwarna putih susu dan siripnya juga berwarna putih. Saat pertama kali melihat koi goshiki mungkin Anda akan langsung jatuh hati karena perpaduan warna dan coraknya yang indah. 

Karena itu, tidak heran jika koi ghosiki memiliki harga yang lumayan mahal. Anda harus merogoh kantong paling sedikit 700 ribuan. Harga yang sepadan bukan dengan keindahan ikan koi goshiki ini? 

Showa Sansoku

Varian dari sekian jenis-jenis ikan koi selanjutnya yang tidak kalah indah adalah showa sansoku. Koi jenis ini memiliki perpaduan warna merah, hitam dan putih. Perpaduan warna ini termasuk yang lengkap. Koi showa sansoku akan membuat kolam ikan menjadi lebih indah saat ia berenang bebas. 

Hal tersebut bisa mengambalikan mood baik Anda karena keindahannya. Akan tetapi, untuk mendapatkan koi showa sansoku ini, Anda harus rela mengeluarkkan dana lebih. Koi jenis ini biasanya dibandrol mulai dari harga 200 ribuan sampai 1 juta rupiah. 

Koi Slayer

Keindahan koi ternyata tidak hanya berasal dari corak dan warnanya yang beragam, namun juga bentuk sirip yang panjang dan cantik. Koi slayer ini adalah salah satu contohnya. Sesuai dengan namanya, koi slayer mempunyai sirip yang panjang. 

Bentuk sirip koi slayer ini akan semakin indah saat ikan bergerak di kolam. Jenis ikan koi slayer yang paling banyak dicari adalah koi slayer kumpay dan slayer platinum.

Bentuknya yang cukup unik dibanding dengan ikan koi pada umumnya membuat koi slayer menjadi buruan. Hal itulah yang membuat koi slayer sulit ditemukan di pasar dan membuat harganya menjadi lumayan mahal. 

Bahkan, satu ekor ikan koi slayer dapat dihargai sekitar 5 juta rupiah. Namun, Anda tidak perlu bersedih karena masih ada koi slayer ukuran biasa yang dijual tidak sampai 200 ribuan. 

Komunryu

Warna ikan koi memang beragam, dan ini tidak jarang membuat pembeli bingung menentukan jenis koi mana yang akan dipilih. Jika Anda mencari koi yang berbeda, koi komunryu bisa jadi cocok. Pasalnya, komunryu memiliki corak abstrak dan tidak berpola. 

Corak ini berbeda dibandingkan dengan jenis ikan koi pada umumnya, sehingga akan sulit menemukan koi dengan corak yang sama. Yang paling menarik dari konmryu adalah coraknya yang dapat berubah sepanjang hidupnya. 

Warna pada komunryu umumnya adalah abu-abu dan putih susu. Namun, karena coraknya yang berubah-ubah, koi jenis ini bisa memiliki warna hitam pekat, putih solid atau kombinasi dari keduanya. 

Harga komunryu sendiri juga relatif mahal. Jenis koi ini umumnya dibanderol dengan harga sekitar 600 ribuan per ekor. 

Tancho

Jenis-jenis ikan koiyang terakhir adalah koi Tancho. Ini merupakan koi yang paling populer. Pasalnya, tancho memiliki pola unik yang hanya ada di kepalanya. Sementara bagian tubuhnya tidak mempunyai pola lain. 

Pola tersebut membentuk titik berwarna merah di kepala koi tancho. Pola pada tancho tersebut sangat mirip dengan red-crowned crane atau grus japonesis dan membuat tancho sangat dihormati di kalangan industri koi Jepang.  

Koi jenis ini dapat mudah diingat, karena unik dan berbeda. Harga yang ditawarkan untuk satu ekor koi tancho juga termasuk menengah. Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 125 ribuan sampai 550 ribu rupiah untuk mendapatkannya. 

Dari sekian banyak jenis jenis ikan koi, karakter dan harganya tersebut manakah yang paling ingin Anda beli? Pilih sesuai selera, dan jangan lupa juga pastikan budget Anda cukup untuk membelinya.


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Hero

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar