Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe Dengan Mudah

Kamu pengguna Xiaomi? Bingung bagaimana cara reset hp Xiaomi yang benar?


Cara Reset HP Xiaomi

Kamu pengguna Xiaomi? Bingung bagaimana cara reset hp Xiaomi yang benar? Xiaomi merupakan merk smartphone yang namanya sudah terkenal dimana-mana. Perusahaan asal Tiongkok ini terkenal karena berani mengeluarkan smartphone spesifikasi tinggi dengan harga yang lebih murah dari para pesaingnya. Dari segi kualitas, hp merk Xiaomi pun tidak kalah dengan merk yang lain.

Namun kita harus tahu bahwa tidak ada smartphone yang tidak lepas dari masalah. Setiap hp pasti pernah mengalami masalahnya masing-masing. Solusinya pun juga beragam, tergantung seperti apa masalah yang dialami hp tersebut. 

Perlukah Mereset HP Xiaomi?

Sebelum menjelaskan langkah-langkah tersebut, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membackup semua data yang ada pada smartphonemu. Tujuannya tidak lain agar data-data dalam hpmu tidak hilang. Bayangkan jika ada data penting yang terhapus dan pastinya akan merugikan kamu sendiri.

Ada beberapa alasan mengapa pengguna hp Xiaomi ingin melakukan reset pada hpnya. Alasan pertama karena smartphonenya mulai lemot yang mana kondisi ini mungkin penyebabnya banyaknya aplikasi atau data yang menumpuk. Selain itu, ada juga yang melakukan reset karena menjadi salah syarat yang harus terpenuhi ketika hendak upgrade MIUI terbaru.

Meskipun begitu, tidak sedikit para pengguna Xioami yang masih belum paham bagiamana cara mereset smartphonenya. Untuk itu, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya berikut.

Cara Reset HP Xiaomi dengan Mudah

  • Cara reset hp Xiaomi yang pertama adalah masuk ke Pengaturan atau menu Settings
  • Kemudian, kamu pilih menu Setelan Tambahan atau Additional Settings
  • Setelah itu, pilih menu Cadangkan dan Setel Ulang atau Backup and Reset
  • Kamu pilih reset ke setelan pabrik atau factory data reset
  • Pilih reset phone
  • Tunggu sampai proses reset hp Xiaomi selesai. Proses ini memerlukan waktu yang lumayan lama jadi silakan sabar menunggu

Cara Reset HP Xiaomi dengan Recovery Mode

Selain melalui menu Pengaturan, sebenarnya masih ada opsi lain untuk melakukan reset hp Xiaomi yaitu melalui Recovery Mode. Untuk langkah-langkahnya silakan simak penjelasan kami di berikut ini.

  • Langkah pertama, matikan handphonemu terlebih dahulu
  • Setelah smartphone dalam kondisi mati, tekan tombol Power + Volume Up. Kamu harus menekannya secara bersamaan sampai nanti muncul logo Xioami
  • Setelah itu kamu akan masuk ke tampilan yang menyediakan tiga pilihan. 
  • Pilih Wipe Data dan tunggu beberapa saat sampai proset reset selesai dilakukan

Manfaat Melakukan Reset HP Xiaomi

Beberapa manfaat melakukan reset smartphone antara lain:

Menghapus virus dan malware

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan reset adalah semua malware dan juga virus yang ada pada smartphonemu dapat terhapus. Jadi, kondisi smartphonemu akan kembali seperti semula dan tidak ada virus atau malware yang mengganggu.

Meningkatkan performa smartphone

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa salah satu alasan mengapa perlu melakukan reset adalah karena kondisi smartphone yang lemot. Kamu tidak bisa mengoperasikan smartphone dengan lancar. Masalah seperti ini harus segera kamu atasi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mereset hpmu. Dengan melakukan reset, maka semua pengaturan akan dikembalikan seperti semula atau seperti bawaan pabrik.

Mengurangi ruang penyimpanan internal yang penuh

Untuk manfaat yang ketiga ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan poin nomor dua. Smartphone yang lemot biasanya penyebabnya karena memori internal penuh. Secara teknik memang kamu masih bisa menambahkan kapasitas penyimpanan dengan menambahkan memori eksternal atau SD card. Akan tetapi, jika memori internal sudahmu sudah mulai lega, maka hpmu akan kembali lancar.


Demikian informasi yang bisa kami jelaskan tentang bagaimana cara reset hp Xiaomi dengan mudah. Semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Novice

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar