Cara Cetak Rekening Koran BRI, BNI, BCA, Dan Bank Lainnya


Cara Cetak Rekening Koran BRI

Hampir seluruh pengguna rekening tabungan mengetahui istilah Rekening Koran, meskipun begitu tidak sedikit orang yang belum mengetahui Cara Cetak Rekening Koran BRI maupun bank lainnya. Rekening Koran memang jarang dibutuhkan, namun tidak ada salahnya kamu mengetahui fungsi dari rekening koran.

Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap Cara Cetak Rekening Koran BRI, BNI, BCA, dan lain-lain. Namun sebelum lebih jauh kedalam pembahasannya, sebaiknya kamu mengetahui apa sih fungsi dan manfaat dari rekening koran tersebut?

Apa Itu Rekening Koran?

Rekening Koran adalah ringkasan seluruh transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu rekening, baik rekening milik pribadi (individu) maupun rekening milik badan usaha. Rekening Koran mencatat seluruh laporan transaksi yang dilakukan pemiliknya dalam menggunakan rekening tersebut, mulai dari debit dan kredit, hingga data masuk dan keluarnya dana dari rekening.

Sebelum zaman secanggih sekarang, kita harus mengunjungi kantor cabang terlebih dahulu untuk mencetak Rekening Koran. Namun sekarang semua sudah bisa lewat smartphone yang kamu gunakan sehari-hari. Pada umumnya, Bank menyediakan fitur cetak rekening koran yang terdapat dalam aplikasi internet banking maupun mobile banking.

Apa Fungsi Rekening Koran?

Hal yang menyebabkan orang tidak mengetahui Cara Cetak Rekening Koran BRI, dan bank lainnya. Karena memang sedikit orang yang membutuhkan rekening koran, tapi apa sih sebenarnya fungsi dari rekening koran tersebut?

1. Dapat Mengajukan VISA

Fungsi pertama dari Rekening Koran yaitu untuk mengajukan VISA. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk dapat berpergian keluar negeri, kita membutuhkan sebuah VISA yang merupakan hal wajib untuk sebagian negara. Meskipun masih ada beberapa negara yang membebaskan VISA, namun kamu harus mengetahui peranan penting Rekening Koran dalam mengajukan sebuah VISA.

Syarat untuk mengajukan sebuah VISA sendiri, pemohon atau orang yang ingin membuat VISA harus membuktikan bahwa dirinya memiliki cukup uang untuk hidup di negara orang. Untuk membuktikan hal tersebut, membutuhkan sebuah dokumen yang menunjukan kondisi finansial dari pemohon. Misalnya saja Slip Gaji, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), atau tentu saja Rekening Koran dengan menunjukan transaksi selama 3 bulan terakhir.

2. Melihat Ringkasan Transaksi

Mungkin kamu berpikir bahwa Buku Tabungan saja cukup untuk melihat ringkasan atau data transaksi yang terjadi pada rekening kamu. Bahkan ada yang berpikir bahwa Buku Tabungan sama dengan Rekening Koran, padahal keduanya jelas dua hal yang berbeda.

Jika kamu perhatikan pada Buku Tabungan hanya mencantumkan tanggal, saldo awal, dan saldo akhir saja. Sedangkan pada Rekening Koran, kamu bisa melihat ringkasan transaksi secara lengkap mulai dari nomor rekening, bunga bank, biaya administrasi, dan saldo akhir. Kamu juga dapat melihat pesan yang tecantum pada setiap transaksi pada Rekening Koran.

Syarat Mengajukan Rekening Koran

Seperti pada pengajuan dokumen penting, kamu harus membawa persyaratan dokumen untuk mengajukan Rekening Koran, yaitu:

1. Kartu Tanda Peduduk (KTP)

Kartu Tanda Penduduk (KTP) memang sangat penting untuk berbagai hal, salah satunya mengajukan Rekening Koran BRI, BNI, BCA, dan bank lainnya. Kamu harus membawa kartu identitas saat mengajukan Rekening Koran, bila KTP kamu hilang kamu bisa menggantinya dengan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Nama yang terdapat dalam KTP atau SIM kamu akan dicocokan dengan buku tabungan, jika nama kartu identitas dengan Buku Tabungan tidak sesuai maka pengajuan Rekening Koran tidak dapat dilakukan.

2. Buku Tabungan

Saat kamu mengatakan ingin mencetak Rekening Koran, maka Customer Service akan meminta Kartu Identitas beserta Buku Tabunganmu. Oleh karena itu, kamu harus membawa Buku Tabungan asli agar pengajuan Rekening Koran dapat terproses.

3. Biaya Cetak

Tentu saja untuk mencetak Rekening Koran tidaklah gratis, kamu harus menyiapkan sedikit biaya cetak. Setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing, berikut daftar Biaya Cetak Rekening Koran diberbagai Bank di indonesia.

  • BRI: Rp25.000 per lembar (lebih dari 12 bulan)
  • BCA: Rp 2.500 per lembar
  • Permata: Rp10.000 per lembar
  • Mandiri: Rp2.500 per lembar (transaksi 3 bulan terakhir)
  • BNI: Rp2.500 sampai dengan Rp3.000 per lembar

Cara Cetak Rekening Koran BRI Dan Bank Lainnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa untuk mencetak rekening koran, kamu tidak harus datang ke Kantor Cabang. Kamu bisa melakukannya secara online melalui Internet Banking maupun Mobile Banking.

1. Cara Cetak Rekening Koran BRI

  1. Masuk ke Internet Banking BRI.
  2. Pilih Mutasi Rekening.
  3. Lalu Pilih Rekening Kamu.
  4. Pilih Periode Transaksi.
  5. Muncul Catatan Transaksi.
  6. Lalu Cetak Rekening Koran BRI.

2. Cara Cetak Rekening Koran BCA

  1. Masuk ke Internet Banking BCA atau KlikBCA.
  2. Cari Menu e-Statement.
  3. Lalu Pilih Rekening Kmau.
  4. Pilih Periode Transaksi.
  5. Klik Unduh.
  6. Lalu Cetak Rekening Koran BCA.

3. Cara Cetak Rekening Koran Mandiri

  1. Masuk ke Mandiri Online.
  2. Cari Menu Informasi Rekening.
  3. Lalu Pilih Rekening Tabungan dan Giro.
  4. Pilih Mutasi Rekening.
  5. Setelah itu Pilih Periode Transaksi.
  6. Lalu Cetak Rekening Koran Mandiri.

4. Cara Cetak Rekening Koran BNI

  1. Masuk ke Internet Banking BNI.
  2. Cari menu Rekening.
  3. Pilih Informasi Saldo dan Mutasi.
  4. Klik Mutasi Saldo dan Giro.
  5. Lalu Pilih Periode Transaksi.
  6. Lalu Cetak Rekening Koran BNI.

Cara Cetak Rekening Koran BRI Dan Bank Lainnya Melalui Kantor

Melihat Cara Mencetak Rekening Koran BRI, BNI, BCA, Dan Bank Lainnya melalui online memang terbilang mudah, namun terdapat kekurangan yaitu kamu tidak mendapatkan Stembel Bank. Bila kamu memang membutuhkan Stembel Bank pada Rekening Koranmu, kamu bisa langsung mengajukannya melalui kantor cabang.

1. Datang Ke Kantor Cabang

Biasanya saat ke Kantor Cabang, kita akan dihampiri oleh petugas Satpam yang ingin menanyakan maksud serta tujuanmu. Silahkan kamu utarakan tujuan kamu berkunjung ke kantor cabang, nantinya Satpam akan mengarahkanmu ke petugas yang melayani Rekening Koran.

Petugas tersebut bukanlah Costumer Service, bukan juga Teller. Melainkan petugas khusus yang memang menangani nasabah yang ingin mencetak rekening koran.

2. Berikan Dokumen

Persyaratan dokumen yang telah disebutkan diatas, selanjutnya harus diserahkan kepada Petugas Bank. Nantinya petugas akan mencocokan data yang terdapat pada rekening berserta tanda pengenalmu, jika dirasa sudah cocok maka permohonan Rekening Koran akan diproses.

Untuk proses mencetaknya sendiri tergantung berapa periode yang kamu minta, bila kamu meminta periode 12 bulan maka mencetaknya akan lebih lama lagi. Namun bila hanya meminta periode 1 – 3 bulan maka mencetaknya terbilang cepat.


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Novice

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar