10 Anime Sad Ending Terbaik Yang Bikin Bercucuran Air Mata


Anime Sad Ending

Anime Sad Ending memang salah satu anime yang banyak memiliki penggemar, bagaimana tidak? Anime yang memiliki ending sedih selalu bisa bikin penontonnya baper dan sesekali teringat terus dengan jalan ceritanya. Jika membahas soal anime, sekarang sudah banyak genre anime yang bisa kamu tonton, mulai dari Action, Drama, Super Power, Supernatural, Demons, Comedy, dan Slice of Life.

Mendengar kata ‘Akhir yang sedih’ mungkin kita akan langsung terbayang dengan anime bergenre Drama. Namun sebenarnya kamu bisa menemukan anime dengan akhiran sedih pada genre apapun, tanpa harus mencarinya pada genre Drama. Bila kamu mencari anime dengan akhiran sedih, berikut Dialog Otaku sudah merangkumnya menjadi anime sad ending terbaik yang bikin bercucuran air mata.

Anime Sad Ending Yang Bikin Baper

Berikut merupakan daftar Anime Sad Ending Terbaik menurut Dialog Otaku:

Koe No Katachi

Anime Sad Ending yang pertama berjudul ‘Koe no Katachi’ atau ‘A Silent Voice’ yang menceritakan tentang bullying atau perundungan. Koe no Katachi sendiri berkisah tentang anak laki-laki sekolah dasar bernama Ishida Shouya yang ceria namun sering membuat masalah. Semuanya baik-baik saja sampai ada seorang murid pindahan bernama Nishimiya Shouko.

Berbeda dengan anak sekelasnya, Nishimiya Shouko memiliki kekurangan yaitu tidak dapat mendengar atau tunarungu. Karena kekurangan itulah, Ishida Shouya sering membully Nishimiya yang diikuti oleh murid lainnya. Namun perilaku Shouya sudah kelewat batas, dia sering menghilangkan alat pendengar milik Shouko.

Orang tua Shouko yang sering melihat alat pendengar anaknya sering hilang, medatangi sekolah lalu melaporkannya kepada sekolah. Lalu sekolah menanyakan siapa yang sering menghilangkan alat pendengar Shouko, setelah murid lain berdebat akhirnya ketahuan bahwa pelakunya adalah Ishida Shouya.

Kejadian itu membuat Ishida Shouya dijauhi teman-temannya, suatu ketika Ishida Shouya yang sudah dewasa menyadari kesalahnnya dan berniat untuk menebus kesalahnnya sewaktu kecil. Akhirnya dia bertemu dengan Nishimiya Shouko yang sudah dewasa, dapatkan Ishida Shouya menebus kesalahannya?

Hotarubi no mori e

Rekomendasi anime dengan ending yang mengurai air mata yang kedua adalah hotarubi no mori e atau Into the Forest of Fireflies’ Light dalam bahasa Inggris. Anime ini rilis pada tahun 2011, tepatnya bulan September. Hotarubi no Mori e bercerita tentang anak gadis berusia 6 tahun bernama Takegawa Hotaru yang ditolong oleh Gin karena tersesat di hutan. 

Gin sendiri merupakan roh yang tidak boleh bersentuhan dengan manusia. Karena kejadian tersebut, Hotaru berjanji untuk mengunjunginya setiap musim panas. Bertahun-tahun berlalu, Hotaru tumbuh dewasa, namun Gin tidak menua. Keduanya sadar ingin terus bersama. Sayang, akhir cerita ini sangat menyayat hati. 

Your Lie In April

Your Lie In April atau Shigatsu Wa Kimi no Uso menceritakan Arima Kousei yang memiliki trauma saat memainkan alat musik piano. Trauma tersebut dipicu karena kematian ibunya. Kemudian, ia bertemu dengan Miyazono Kaori, seorang gadis pemain biola yang mengajak Kousei bermain piano kembali dan berdamai dengan kematian ibunya. 

Hubungan keduanya erat karena musik. Namun, hubungan tersebut berakhir dengan kesedihan yang dalam. Anime ini mengajarkan pentingnya cinta dan persahabatan. Kedua hal tersebut dapat mendukung seseorang untuk keluar dari jurang kesedihan karena kehilangan seseorang yang berharga atau luka masa lalu. 

Anime You Lie In April dirilis pada tahun 2018, tepatnya pada bulan oktober tanggal 10. Rating anime ini adalah 8.86 dengan lebih dari lima ratus ribu pengulas. Rating tersebut termasuk tinggi sehingga sangat kami sangat merekomendasikan untuk kamu menontonnya. 

Genre yang termasuk pada anime ini adalah romance, drama, musical, shounen dan school. Saking populernya, anime ini sudah mendapatkan adaptasi berupa live action. Jumlah episode You Lie in April adalah 22 dan diproduksi oleh studio A-1 Pictures.

5 Centimeter Per Second

Pernahkah Anda merasakan cinta tak sampai? Perasaan cinta yang tak tersampaikan memang menyedihkan. Hal inilah yang terjadi pada karakter anime 5 Centimeter Per Second atau Byouskou 5 Centimeter. Anime ini menceritakan dua orang sahabat yang terpisah sejak kecil. 

Mereka adalah Shinohara Akari dan Tono Takaki. Meskipun terpisah, keduanya berusaha untuk tetap terhubung melalui surat. Akan tetapi, jarak yang semakin jauh membuat mereka kehilangan kontak.  Namun, Akari dan Takaki masih mengingat satu sama lain dan berharap masih dapat bertemu. 

Anime ini dapat membuat penonton merasakan sesak dan sedih. Apalagi bagi mereka yang pernah merasakan kehilangan teman karena jarak atau bahkan perasaan yang terpendam. Anime 5 Centimeter Per Second rilis pada tahun 2007 dengan rating 7.90. Anime ini dibagi menjadi tiga bagian, dengan masing-masing durasi 22 menit. 

Wolf Children

Dari judulnya saja Anda mungkin sudah menebak karakter dari anime ini. Wolf Chidren, bercerita tentang kehidupan anak werewolf. Hana adalah wanita yang jatuh cinta dan menikah dengan teman lamanya yang ternyata seorang manusia serigala. Dari pernikahan tersebut mereka memiliki dua anak werewolf yaitu Yuki dan Ame.

Tak lama setelah anak ketiganya lahir, Hana harus membesarkan sendiri anak-anaknya karena suaminya meninggal. Yuki dan Ame tumbuh dengan kemampuan seperti ayahnya. Namun, mereka masih anak-anak sehingga belum bisa mengontrol kemampuan tersebut. Hana pun membawa ketiga anaknya pindah. 

Di tempat baru ini Hana benar-benar mengalami masa sulitnya dalam mengasuh anak-anaknya. Lalu, apakah anak-anak akan menerima kenyataan bahwa mereka berbeda dengan teman-temannya? Anime ini memiliki rating 8.74 dengan durasi hampir 2 jam.

Maquia: When The Promised Flower Blooms

Rekomendasi anime sad ending selanjutnya adalah Maquia: When The Promised Flower Blooms. Anime ini bercerita tentang Maquia. Ia merupakan seorang gadis dari ras lorph, yaitu ras dengan ciri fisik seperti manusia namun dengan usia yang lebih panjang. Gadis lorph ini dapat terlihat awet muda meski usianya sudah menginjak ratusan tahun. 

Ras lorph hidup jauh dari manusia dengan menenun kain tenun Hibiol. Akan tetapi, suatu hari, manusia menginvasi mereka untuk mengetahui rahasia panjang umur ras lorph. Saat invasi tersebut, Maquia berhasil melarikan diri, namun kehilangan teman, keluarga dan ras lorph lainnya.

Maquia kemudian menemukan seorang bayi yang ia beri nama Ariel. Ia merawatnya hingga Ariel tumbuh menjadi dewasa dan membuat hubungan keduanya berubah. Waktu yang tidak tergantikan adalah kisah yang ditonjolkan dalam anime ini. 

Kimi no Nawa

Rekomendasi anime sad ending ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Pasalnya, sejal perilisannya, anime ini cukup booming bahkan di luar kalangan anime lovers. Your Name rilis pada tahun 2016 dengan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Anime ini diproduksi oleh CoMix Wave Film.

Your Name menceritakan pertukaran tubuh antara Mitsuha Miyazumuu dan Taki Tachibana. Keduanya berkomunikasi dengan meninggalkan catatan di kertas atau memo ponsel. Keduanya saling membantu kehidupan masing-masing saat pertukaran tubuh. 

Taki membuat perjalanan bersama temannya untuk mengunjungi desa Mitsuha. Namun, desa tersebut sudah hilang akibat meteor jatuh. Lalu, Taki menyadari bahwa pertukaran tubuh tersebut terjadi di masa yang berbeda, karena bagi Mitsuha pertukaran tersebut terjadi di masa lampau. Lalu apakah Taki dapat menyelematkan Mitsuha dan desanya dari meteor tersebut?

Anohana

Rekomendasi anime sad ending ini juga termasuk dalam anime terbaik sepanjang masa. Anohana berkisah tentang persahabatan enam orang terpisah karena kematian salah satu sahabatnya. Kematian tersebut menjadi beban dan luka mendalam sehingga kelima sahabatnya menyalahkan diri masing-masing.

Kemudian roh sahabat (roh menma) mendatangi salah satu dari kelima sahabatnya tersebut. Anime sedih ini diproduksi oleh studio A-1 Pictures dan dirilis pada tahun 2011. Anohana memiliki rating 8.52 dengan jumlah hampir lima ratus ribu pengulas. Genre anime ini adalah slice of life, drama dan supernatural.

Clannad: After Story

Berbicara tentang rekomendasi anime sad ending terbaik mungkin tidak lengkap rasanya jika tidak menghadirkan Anime Clannad: After Story. Anime ini merupakan season kedua dari anime Clannad. Anime ini riliss pada tahun 2008 dan diproduksi oleh Key Studio. 

Clannad After Story bercerita tentang Tomoya Okazaki, seorang remaja yang duduk di bangku kelas 3 SMA. Ia bertemu dengan Nagisa Furukawa, seorang gadis yang harus tinggal kelas karena sakit yang dimilikinya. Sejak pertemuan tersebut, kehidupan Tomoya mulai berubah dan kisahnya dimulai.


Itulah daftar Anime Sad Ending Terbaik, jika kalian mengetahui anime lainnya. Bisa memberikan saran melalui kolom komentar dibawah, semoga bermanfaat~


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Hero

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar