7 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mendunia!


Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyuguhkan keindahan alam yang tidak ada duanya. Banyak tempat wisata yang tersebar dari sabang sampai merauke, destinasi wisata di indonesia sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena indonesia memiliki tempat wisata yang lengkap, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata keluarga, sampai wisata edukasi pun banyak tersebar diseluruh indonesia.

Selain alam, ternyata terdapat banyak budaya indonesia yang diminati oleh wisatawan. Budaya asli indonesia sangat beragam, setiap daerah memiliki budaya nya tersendiri yang menjadikan indonesia lebih berwarna. Berikut tempat wisata di Indonesia yang sudah terkenal dan mendunia.

Kepulauan Raja Ampat

Siapa yang tidak mengetahui kepulauan Raja Ampat? tempat wisata yang menjadi primadona wisatawan lokal maupun mancanegara itu memiliki keindahan alam layaknya surga dunia. Raja Ampat memiliki empat pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, yaitu Waigeo, Batanta, Misool, dan Salawati.

Selain pulau-pulaunya yang menyimpan keindahan alam, kehidupan bawah lautnya juga tidak boleh dilewatkan. Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang paling direkomendasikan untuk wisatawan yang menyukai Snorkeling, karena wisatawan dapat menemukan 75% biota laut dunia di kepulauan Raja Ampat.

Buat kamu yang ingin menikmati keindahan alamnya saja, kamu bisa melihat warga lokal yang dengan senang hati menawarkan jasa pemandu wisata. Selama berwisata di Kepulauan Raja Ampat, kamu bisa mampir ke rumah warga serta berinteraksi langsung dengan warga setempat.

Pulau Komodo

Pulau Komodo atau Taman Nasional Komodo merupakan situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO tahun 1986 lalu, karena disana terdapat sebuah hewan yang tercandam punah yaitu Komodo. Pulau Komodo juga meraih penghargaan tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia atau New Seven Wonders of Nature, tentu saja hal tersebut membuat Pulau Komodo terkenal diseluruh dunia.

Bukan hanya sebagai habitat hewan Komodo saja, Kepulauan Komodo juga menyimpan kekayaan alam yang begitu indah. Kamu bisa melakukan trekking sambil melihat hewan-hewan lainnya, seperti rusa, kuda, ular, dan hewan liar lainnya. Kamu bisa mendaki gurung Ara dengan ketinggian 538 mdpl, saat mendaki kamu akan menemukan Water Hole yang gunakan sebagai beristirahat hewan komodo.

Selain Trekking, kamu juga dapat melakukan Snorkeling dengan kehidupan bawah lautnya yang masih terjaga. Disini terdapat kurang lebih 380 jenis terumbu karang, serta 70 jenis bunga karang yang menambah keindahan bawah laut kepulauan komodo.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung aktif di jawa timur yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini terdapat kawah di tengah gunung yang berdiameter 800m. Selain itu, kamu juga melihat beberapa bukit kecil yang dinamain Bukit Teletubies, dimana bukit tersebut merupakan tempat favorit bagi wisatawan untuk berswafoto.

Daya tarik Gunung Bromo sendiri yakni dapat menikmati sunrise tanpa harus melakukan pendakian yang melelahkan. Sesampainya di Gunung Bromo, terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang bisa membantu mengisi perut kamu setelah perjalanan jauh. Kamu akan menemukan Masyarakat Tengger yang merupakan penduduk asli kawasan Bromo, mereka terkenal sangat ramah dan murah senyum.

Bagi kamu yang ingin menginap dikawasan Bromo bersama keluarga, tersedia banyak homestay dan penginapan yang dapat kamu coba. Selain itu, kamu juga daat menyewa kuda dan jeep untuk berkeliling disekitar kawasan Bromo.

Nusa Penida

Sudah tidak heran bahwa Bali memang terkenal diseluruh indonesia maupun mancanegara, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke indonesia hanya untuk pergi ke Bali. Memang Bali sudah menjadi destinasi wisata wajib bagi dikunjungi ketika ingin berlibur bersama kerabat, keluarga, maupun teman.

Salah satu objek wisata di Bali yang sangat terkenal sampai mancanegara, yaitu Nusa Penida. Tempat tersebut sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin melakukan Island Hoping, atau hanya sekedar ingin melihat keindahawan bawah laut dengan Snorkeling. Kamu juga bisa berenang diberbagai tempat, salah satunya di Pasih Uug dan Kolam para bidadari.

Danau Toba

Danau Toba memiliki luas mencapai 1.145 km², serta berada pada ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Bukan hanya menyuguhkan keindahan pemandangan perairan saja, melainkan Danau Toba menyuguhkan objek wisata yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Salah satu yang bias kamu lakukan disinya yaitu Berlayar kepulau Samosir, tentu saja kamu harus menyewa kapal dengan rombongan sekitar 20-25 orang selama sehari.

Setelah menyewa kapal, kamu bisa meminta untuk berhenti dimanapun kamu mau, ditengah danau toba kamu akan melihat keindahan bukit-bukit disekitar danau toba, dan melihat wisatawan lain yang sedang bermain banana boat dan jetski di danau toba. Sebelum meninggalkan Danau Toba, kamu wajib membeli souvenir seperti kain ulos, kaos, gantungan kunci, gitar khas bayak, dan lain sebagainya.

Candi Borobudur

Siapa yang tidak mengenal Candi Borobudur, salah satu candi terbesar di dunia ini sangat terkenal hingga mancanegara. Berdiri sekitar 750 masehi, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga yang berasal dari Dinasti Syailendra, salah satu dinasti terbesar yang pernah duduk dan berkuasa di Nusantara.

Candi Borobudur memiliki empat pintu masuk dengan pusatnya yang berbentuk lingkaran. Selain itu, terdapat Tiga zona yang ada di Candi Borobudur, diantaranya :

  1. Kamadhatu, melambangkan alam dunia dengan 160 relief dinding yang terdapat penjelasan tentang Karmawibhangga Sutra (Hukum sebab-akibat).
  2. Ripadhatu, melambangkan alam peralihan yang merupakan alam manusia terbebas dari urusan dunia, terdapat 328 patung buddha serta hiasan relief yang terdapat disini.
  3. Arapadhatu, melambangkan kemurnian tertinggi tanpa hiasa relief apapun. Terletak dipusat candi yang berbentuk lingkaran, terdapat tiga serambi yang mengarah ke kubah bagian tengah.

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dari Nusa Tenggara Timur, daya tarik yang membuat wisatawan ingin berkunjung kesini adalah terdapat tiga buah danau yang memiliki warna berbeda dengan perubahan warna di waktu-waktu tertentu. Nama Kelimutu tersendiri terdiri dari dua kata yang artinya Keli (Gunung), dan Mutu (Mendidih).

Danau-danau tersebut terletak di Gunung Kelimutu yang bisa dijangkau dengan mudah, ternyata ketiga danau tersebut memiliki arti pada setiap warnanya, diantaranya:

  1. Danau Warna Biru atau 'Tiwu Nuwa Muri Koo Fai' yang merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda, biasanya diisi oleh remaja yang telah meninggal.
  2. Danau Warna Putih atau 'Tiwu Ata Mbupu' merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang telah meninggal.
  3. Sedangkan Danau Warna Merah atau 'Tiwu Ata Polo' merupakan tempat berkumpulnya jiwa yang saat hidupnya melakukan kejahatan/tenung.

Disana terdapat budaya serta adat yang harus dipatuhi, jika ingin berkunjung kesana sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu budaya sekitar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Like it? Share with your friends!

0
Dialogua

Hero

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Komentar